Kamis, 10 Mei 2012

Kategori Cosplay

Oleh: Zhuge Kamiya, Blog Owner

(Only Bahasa Indonesia, will translate later..^^)

Saya merangkum Cosplay secara umum menjadi 2 istilah yang saya buat sendiri yaitu:

  • Popular Cosplay yaitu cosplay dengan memakai kostum dari karakter yang dikenal publik.
  • Self-Creation Cosplay yaitu cosplay dengan memakai kostum ciptaan sendiri dan belum dikenal publik.

Pertama-tama mari kita bahas dulu Popular Cosplay, kategori yang umumnya dikenal publik.
Kategori ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  • Fiction Karakter Cosplay, cosplay menjadi karakter dari karya-karya fiksi seperti komik, novel, film, mitos, dll
  • Non-Fiction Charater Cosplay, cosplay menjadi karakter non-fiksi seperti cosplay menjadi tokoh sejarah, tokoh dunia,dll.

Maka, jika berbicara ranah lokasi dan budaya, maka untuk Jepang kita akan mengenal kategori anime, manga, game, tokusatsu, dll; untuk Amerika Serikat kita akan mengenal kategori US comic, movie, novel, ,dll; untuk Indonesia kita akan mengenal komik Indonesia, cerita rakyat, wayang,dll; hal tersebut tergantung dari negara masing-masing.

Kemudian, Self-Creation Cosplay, kategori ini umumnya kurang atau bahkan tidak dikenal publik namun lebih ke ekspresi pribadi dan keinginan untuk menonjolkan kreatifitas diri terhadap publik. Dasar dari kategori ini ialah karya asli seseorang yang merupakan hasil modifikasi, inspirasi, dan inovasi dari sebuah karya yang sudah ada. Jika Self-Creation ini dikembangkan lebih jauh, bisa berpotensi untuk menjadi Popular Cosplay dapat terjadi, karena karena dasar Popular Cosplay ialah karya original seseorang yang dikenal publik.

Kategori ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  • New Character Cosplay, cosplay yang didesain oleh seseorang dengan didukung aspek lain seperti keterangan berbentuk karya tulis, dll, untuk membentuk sebuah karakter yang baru, contoh kategori ini ialah desain maskot, desain superhero baru, dll. Kadang disebut Original Cosplay.
  • Modification Character Cosplay, cosplay ini lebih mengarah ke modifikasi, karena hanya membentuk sebuah karakter yang sudah ada dengan sedikit perubahan apakah itu di pakaian atau wujudnya, yang pasti tanpa mengubah dasar sifat dan karakter. Kita bisa lihat kategori  ini pada Gijin-ka cosplay, Gender Bend cosplay ,dll. Biasanya kategori ini lebih cepat diterima publik dibandingkan New Character Cosplay.

Kategori ini lebih membebaskan kita untuk mengeksplorasi kreatifitas dan pemahaman terhadap sebuah karakter. Pada kategori ini semua orang memiliki ketidakterbatasan dalam menciptakan sebuah kostum. Seperti kita membuat Hatsune Miku versi Indonesia, itu gak masalah.

Berdasarkan kategori-kategori diatas, kita dapat memilih kategori mana yang cocok untuk kita, kita bisa mengkerucutkan menjadi sebuah kategori yang pas dengan minat kita. Apakah itu kategori anime, kategori comic superhero, kategori cerita rakyat,dll. Atau mungkin ingin mencoba semuanya? Yang menjadi inti dari artikel ini ialah bahwa apapun kategorinya, cosplay adalah tentang suka terhadap sebuah karakter, membuat kostumnya dan mengenakan kostum tersebut dan berperan menjadi karakter tersebut, Yang pasti jika sudah terklasifikasi, jelas kategori yang satu, pengertiannya akan sangat berbeda dengan kategori yang lainnya.

Akhir kata, jika temen-temen mengikuti kompetisi, telaah kategorinya, pastikan kostum tersebut sesuai dengan kategorinya. Jika ikut kompetisi non-kategori, maka kita bisa mengacu pada pengertian awal cosplay, bahwa semuanya setara yaitu tentang suka terhadap sebuah karakter, membuat kostumnya dan mengenakan kostum tersebut kemudian berperan menjadi karakter tersebut. Tanpa harus berpikiran bahwa kategori yang satu lebih hebat dari kategori yang lain.


Semoga artikel yang saya tulis ini dapat memberikan pengetahuan demi pengembangan komunitas Cosplay.

Hidup Cosplay Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar