Kamis, 10 Mei 2012

Tips masuk dunia cosplay buat Anda yang baru masuk *atau terjerumus #plak

Oleh: Zhuge Kamiya, Blog Owner

(Only Bahasa Indonesia, will translate later..^^)

Udah lama kagak bikin artikel...yah, Gathering Cosplayer Bandung memberikan inspirasi saya untuk membuat artikel ini, gomen kalo analoginya mirip dengan game online, jadi buat kalian yang suka maen game online pasti paham deh...plus kebetulan pas saya lagi bikin artikel ini, emang lagi maen game online...
selamat membaca sedikit tips dari saya...

Tips #1 Tentukan Job yang akan kalian pilih
Seperti game-game online pada umumnya, kita di tuntut untuk memilih sebuah job/ jenis character tertentu supaya kita bisa survive di game tersebut dan tentunya pilihan tersebut sesuai dengan minat kita.
Nah, di dunia cosplay juga sama berikut job yang bisa kalian pilih:

-    Cosplayer, ini adalah job umum yang dipilih semua orang jika masuk dunia cosplay, job ini sifatnya multi dicipline alias banyak aspek terkait di dalamnya, dari mulai suka dengan character cosplay sampai mengcosplaykan character tersebut
-    Costume Maker, ini adalah job yang dipilih oleh orang yang suka membuat sebuah karya visual, mereka mencurahkan kemampuannya dalam membuat kostum, umumnya mereka tidak memakai kostumnya sendiri, dan umumnya pula job ini adalah perubahan dari Cosplayer
-    Kameko/ Fotografer, ini adalah job yang cukup penting di dunia cosplay, syaratnya adalah memiliki minimal kamera pocket, job ini terlihat simple namun pada dasarnya memiliki kebutuhan yang cukup rumit dan sulit.

Tidak seperti game online yang kalo pindah job harus pake voucher atau item tertentu yang langka, pindah job di dunia cosplay sangatlah mudah dan fleksibel. Jadi jangan takut untuk berubah job sesuai minat kalian.

satu lagi kelewat, job khusus yang namanya Cosplay Supporter, job ini mirip NPC, sekalipun gak termasuk ke job diatas, tapi job ini cukup penting, contohnya adalah pedagang item Cosplay, reporter media, Cosplay event organizer, dll. Kalo gak ada ini, cukup sulit kita ini buat cosplay, hehe, dan kalian bisa milih job ini sebagai rangkapan.

Jika kalian sudah memilih job kalian bisa masuk ke tips yang kedua


Tips #2 Mengenal Dunia Cosplay Sepenuhnya

Seperti game online, maka ada beberapa catatan setelah kalian memilih job yang sesuai yaitu :
•    Sebelum kalian mulai menjelajah di game online pasti kalian bingung kan harus apa dan ada apa disana, maka silahkan baca rules atau artikel tentang cosplay di berbagai media, ketahui apa saja, siapa saja, ada apa, dan bagaimana dunia cosplay itu. Termasuk seperti Item, Shop, dll. Banyak ilmu yang bisa kalian dapat dengan membaca.cek ini deh:

•    Seperti game online, kita harus bersosialisasi antara sesama pelaku hobi, setiap cosplayer dituntut untuk mengenal/ memiliki beberapa orang teman. Bisa satu visi atau beda visi, tergantung kalian. Hanya jangan lupakan yang namanya sosialisasi dan komunikasi.Silahkan kalian mulai dengan sok dekat, lalu komunikasi dengan baik dan terakhir kalian jadi sering bertemu saat event dan mulai bercerita banyak. Kalian bisa tukar pikiran mengenai hal apapun, dan jangan malu untuk memulai sesuatu. cek ini deh http://www.facebook.com/groups/bandungcosplaycommunity/doc/10150719513729922/

•    Di game online kalian pasti ikut clan atau guild kan? Di cosplay juga ada namanya tim cosplay, setiap tim visi dan misinya jelas beda satu dan lainnya. Kalo kalian minat ikut tim, pahami dulu karakteristik tim tersebut dan coba mengenal lebih jauh member-membernya. Namun jika kalian sebagai single fighter juga gak masalah, toh kalian bisa bikin proyek sementara sama cosplayer lain dalam cosplay alias party kalo dalam game online mah.
•    Kalo game online punya bulletin board, maka cosplay punya media repotasi kaya majalah, web, atau page. Manfaatkan sarana ini untuk pengembangan diri dan mendapat info seputar dunia cosplay. Contohnya, majang foto kalian di Kosplei Magz, hehe *promosi*
Setelah membaca tips diatas, lanjut ke tips berikutnya.


Tips #3 Leveling
Level disini bukan posisi cosplayer (prestasi, senioritas, atau prestige) tapi level pengetahuan tentang cosplay.  Soal posisi itu tergantung kalian mengaplikasikan level pengetahuan yang kalian dapat (kalo di game online mah posisi ini di sebut Title). Belajar adalah kunci supaya level kalian naik. Semakin sering kalian belajar atau cari exp (pengalaman), semakin cepat kalian levelnya naik, semakin kalian paham apa yang akan di lakukan.

Leveling bisa di bagi 3 yaitu Competition Mode, Gathering Mode dan Custom Mode.
Untuk Competition Mode, jelas pengalaman didapat melalui jalur kompetisi, biasanya lumayan beresiko namun mendapat pengalamannya lebih besar dari Gathering Mode karena kalian mengalami langsung semuanya, ini cocok buat kalian yang suka tantangan dan berani dalam mengambil keputusan. Saran saya mode ini cocok saat kalian mencapai level yang cukup.
Untuk Gathering Mode, mode ini cocok buat kalian para beginner , disini kalian belajar dengan sedikit resiko dan pengalaman yang diterima berasal dari rekan-rekan yang sudah memiliki pengalaman lebih, dan komunikasi akan lebih berjalan dengan baik dalam Gathering Mode. Saran saya, kalian silahkan memilih Competition Mode, jika dirasa pengalaman kalian lewat jalur ini sudah cukup.
Untuk Custom Mode, mode ini ialah campuran dan modifikasi dari kedua mode diatas, ditambah dengan keinginan kalian dalam mencari pengetahuan di bidang cosplay selain dari kedua mode diatas.
Setelah kalian sudah terjun dan pasti sudah leveling jelas kalian punya banyak keinginan kan? Silahkan lanjut ke Tips #4


Tips #4 Tentukan Quest
Quest disini adalah visi dan misi kalian didunia cosplay untuk diri kalian sendiri.
Saya bagi menjadi Basic Quest dan Special Quest, hehe.
Basic Quest sendiri saya bagi jadi beberapa poin sebagai berikut:
Untuk job Cosplayer,ada 2 quest yaitu:
-    Way of Competition/ Jalur Kompetition
Syaratnya adalah mampu membuat kostum sendiri, mampu menampilkan sebuah performance yang menarik, selalu berusaha untuk level up, mampu menjunjung tinggi fair play, menjaga agar kualitasnya tetap terbaik dengan acuan standar umum dari kompetisi internasional, menjalani cosplay dengan serius, mampu mengatur prioritas, memiliki ambisi sebagai yang terbaik.
-    Way of Hobby/ Jalur Hobi
Syarat ini lebih mudah yaitu memiliki cinta terhadap cosplay, tidak terlalu berminat untuk berkompetisi, selalu berbagi dan bertukar ilmu dengan sesama pelaku hobi, tidak mengacu pada standar kompetisi, tidak wajib untuk tampil dipanggung, tidak terlalu serius terhadap hobi, menganggap cosplay sebagai sebuah aktivitas demi tercapainya kepuasan pribadi, tidak wajib untuk bisa membuat sendiri.

Untuk job Costume Maker juga ada 2 yaitu:
-    Way of Business/ Jalur Usaha
Syaratnya adalah selalu berusaha untuk level up, menjaga agar kualitasnya tetap terbaik dengan acuan standar adalah permintaan pasar dan saran kritiknya, menjalani dengan serius, mampu mengatur prioritas, memiliki ambisi sebagai yang terbaik, mampu melakukan promosi dan marketing, tidak mencoba untuk mengkhianati pelanggan.
-    Way of Hobby/ Jalur Hobi
Syarat ini lebih mudah yaitu selalu berbagi dan bertukar ilmu dengan sesama pelaku hobi, tidak terlalu memperhatikan pasar, tidak terlalu serius terhadap hobi, menganggap costume maker sebagai sebuah aktivitas demi tercapainya kepuasan pribadi.

Sedangkan untuk job Kameko, hanya satu misinya adalah:
Way of Kameko/ Jalur Kameko yaitu belajar dasar fotografi, mengenal dan maw berkenalan banyak cosplayer, memberikan kualitas terbaik dalam fotografi, selalu berusaha untuk level up, selalu berbagi dan bertukar ilmu dengan sesama pelaku hobi, menganggap bahwa memfoto cosplayer sebagai sebuah aktivitas demi tercapainya kepuasan pribadi dan mencintai job ini sepenuh hati.

Nah, tadi itu baru Basic Quest, kalo Special Quest, ditentukan setelah kalian berhasil menjalani Basic Quest tadi alias Quest Lanjutan. Quest ini tergantung keinginan dan ambisi dari masing-masing dari kalian, contohnya:
-    Menjadi Cosplayer Internasional
-    Menjadi Costume Maker sukses se-ASEAN
-    Membuka sekolah Cosplay
-    Memiliki Tim Cosplay Terbaik se-Asia, dll
-    Menjadi juri WCS

Quest ini tentu bisa tercapai dengan syarat bahwa level kalian sudah cukup untuk menempuh Special Quest tersebut dan kalian memang berniat menempuh quest tersebut. Intinya level kita disesuaikan dengan special quest yang akan ditempuh.
Setelah ini dibaca lanjut ke tips terakhir yaitu....

Tips  #5 Catatan Umum
Seperti game online pasti ada hal yang harus diperhatikan, di cosplay ada juga yang sifatnya umum menyangkut semua pelakunya yaitu:
-    Etika Cosplay, ini menyangkut norma umum dalam dunia cosplay kaya fairplay, kesopanan, dll
-    No Cheat, No Flame, No Deceive, No Klepto (silahkan baca kamus, hehe)
-    Invidualis atau Egois boleh tapi kita ada dalam komunitas, jadi hargai orang lain.

Kayaknya tips 5 biji cukup yah, mana udah lumayan panjang lagi, ehehehe, semoga bermanfaat, dan kalo ada yang mau nambah, kritik dan saran, silahkan...free for allsekali lagi sori kalo online game banget...peace yo!
HIDUP COSPLAY INDONESIA!

1 komentar:

  1. Wah, ku gak tau bisa sedemikian rupa~ Aku pribadi suka cosplay karena pengin meranin karakter yg disukai, tp juga suka bikin kostum sendiri, soalnya dulu pernah skali mesen, tp hasilnya ngecewain n akhirnya g pernah dipakai, jd blajar deh sendiri biar puas, lama klamaan jd seneng bikin kostum n akhirnya stiap cosplay kostumnya bikin sendiri, lagian hemat biaya, heheee~

    Akhirnya jd kpikiran knapa g disriusin, apa lagi olokan para temen yg bilang k'lo cosplay g da gunanya, jd aku kblablasan mau serius~ <:)

    BalasHapus