Rabu, 20 Juni 2012

Sebutan untuk Cosplayer

Oleh : Zhuge Kamiya, Blog Owner

(Only Bahasa Indonesia, will translate later..^^)

Tulisan saya ini saya buat karena sudah sering mendengar istilah "cosplayer dewa" dikalangan para cosplayer di komunitas, bahkan istilah ini sering saya jadikan lelucon saat sedang berkumpul bersama rekan-rekan karena memang istilah ini tidak harus jadi sebuah julukan wajib untuk seseorang yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu bidang.

Sebutan Dewa bagi seseorang berasal dari istilah DoTA "Godlike" atau "Beyond Godlike"dimana ini adalah julukan untuk Hero (char DoTA) yang membunuh Hero lain sebanyak 8 kali dan seterusnya tanpa diselingi oleh mati/spawn. Artinya pemain tersebut sangat hebat dalam bermain dan memang permainannya diatas rata-rata pemain biasa. Istilah ini diadopsi oleh banyak komunitas game untuk sebutan character dengan kondisi (level) dan cara bermain yang diatas rata-rata.

Namun ternyata istilah ini digunakan juga dalam komunitas cosplay, yang menurut saya kurang tepat karena sebutan "Godlike" itu ditujukan untuk Hero DoTA itu sendiri bukan untuk playernya karena playernya sendiri berbeda-beda atau biasanya char tersebut memiliki level paling tinggi (masuk rank char) dimana akan sulit di lewati oleh char yang baru mulai main.

Sedangkan cosplay adalah sesuatu yang real, dimana setiap orang mampu untuk mencapai apa yang orang lain capai. Jadi saya pribadi menggunakan istilah berikut untuk menyebut orang-orang yang disebut "dewa" tadi, yaitu:

- Experienced Cosplayer
Cosplayer ini adalah cosplayer yang diberkahi oleh yang Maha Kuasa dalam hal kesetiaan dan konsistensi, umumnya cosplayer ini yang berkecimpung di dunia cosplayer lebih dari 4 tahun, oleh karena itu dasarnya adalah pengalaman. Dari pengalamannya cosplayer ini paham aneka macam hal yang ada dalam cosplay, sehingga dia bisa menjadi mahir dan berpengetahuan lebih dari rata-rata. (contoh: Monkey D. Garp, kakek Luffy [One Piece]) (saya sebut ini X-reiya)

- Skillful/ Talented Cosplayer
Cosplayer ini adalah cosplayer yang diberkahi kelebihan oleh yang Maha Kuasa dalam hal kelebihan individu, cosplayer ini memiliki kelebihan baik bakat atau fisik dari yang lain, oleh karena itu dasarnya adalah individu itu sendiri. Semakin diasah maka bakatnya akan semakin berkembang apalagi ditambah pengalaman dan ilmu yang terus dikembangkan. (contoh: Bezita [Dragon Ballz]) (saya sebut ini S-reiya/ T-reiya)

- Knowledgeable Cosplayer
Cosplayer ini adalah cosplayer yang diberkahi kelebihan oleh yang Maha Kuasa dalam bidang kesabaran dan kognitif. Cosplayer ini selalu haus dengan ilmu baik teori dan praktek, meskipun kurang berbakat dan belum berpengalaman. Namun, pengetahuan tersebut bisa mengimbangi bakat dan pengalaman apalagi ditambah kerajinan dan kerja keras. (contoh: Rock Lee [Naruto]) (saya sebut ini K-reiya)

- Wealthy Cosplayer
Cosplayer ini adalah cosplayer yang diberkahi kelebihan oleh yang Maha Kuasa dalam hal materi dan kesejahteraan. Cosplayer ini menjadi yang terbaik/ sempurna dengan keuangan yang dimilikinya, pada dasarnya cosplayer ini tidak memerlukan pengalaman yang lama, pengetahuan yang banyak atau bakat yang bagus, namun akan sangat bagus jika didukung oleh pengalaman dan pengetahuan. (contoh: Himekawa [Beelzebub]) (saya sebut ini W-reiya)

Sebutan diatas tidaklah mutlak digunakan oleh para cosplayer, hanya saja sebutan "dewa" itu tampak kurang pas, apalagi yang memiliki kelebihan tersebut menjadi sombong dan timbul sikap merendahkan orang lain karena kemampuannya tersebut.

Semoga tulisan ini menambah wawasan. Hidup Cosplay Indonesia!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar