Rabu, 06 Maret 2013

Kegiatan Komunitas

Oleh : Zhuge Kamiya, Blog Owner


(English version will be coming soon)


Gomen, baru mulai bikin artikel lagi...hehehe
Artikel kali ini bakal bahas tentang aktivitas dalam komunitas.


Tau istilah komunitas kan? komunitas itu kalo istilah sederhananya adalah kelompok, yaitu sejumlah orang yang berkumpul karena memiliki kesamaan visi. Nah, komunitas itu ada dimana? yah, komunitas itu ada di suatu waktu dan tempat dimana setiap individunya beraktifitas bersama individu lainnya yang memiliki persamaan visi tadi.

Aktifitasnya itu sendiri beraneka macam bisa berkaitan dengan visi yang di jalani atau berbeda, yang paling penting adalah bahwa setiap anggota komunitas tahu bahwa komunitas tersebut diisi oleh orang-orang yang berpikiran sama.



Lantas, aktifitas utama sebuah komunitas itu apa?
Aktifitas/ kegiatan komunitas itu terbagi atas 3 jenis:

- Gathering

- Competition

- Expo/ Pameran


GATHERING
Kegiatan ini adalah kegiatan mendasar dari sebuah komunitas, gathering itu artinya berkumpul. Disini setiap anggota komunitas bertemu dengan sesama rekan sehobi dan seminat, dan kemudian sharing pendapat tentang kondisi dan keadaan hobi yang mereka jalani. Biasanya gathering dimanfaatkan oleh orang yang baru menyukai hobi tersebut untuk belajar lebih jauh dan mendalami sebuah hobi yang baru ia sukai. Umumnya gathering itu sifatnya bebas, tidak ada aturan tegas yang membatasi. Yaaaaaah, namanya juga kumpul-kumpul...hehe

Gathering merupakan kegiatan untuk meningkatkan kuantitas sebuah komunitas.


COMPETITION
Kegiatan ini adalah langkah kedua setelah gathering, kompetisi diadakan dengan tujuan mengembangkan skill dan kualitas setiap individu, karena dengan kompetisi maka visi yang di jalani oleh setiap pelakunya tidak stagnan (mandek). Dengan kompetisi hobi tersebut berkembang secara kualitas karena banyak pelaku hobi tersebut melakukan inovasi. Tujuan kompetisi pun bukan untuk saling menjatuhkan tapi saling belajar, mengenal dan menghargai antara anggota komunitas.

Kompetisi merupakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas sebuah komunitas.


EXPO
Kegiatan ini adalah langkah ketiga setelah kompetisi, dimana para anggota komunitas sudah memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup untuk melebarkan visi mereka yang semua hobi menjadi sebuah hal yang sifatnya profit. Di sini setiap anggota memamerkan karya terbaik mereka untuk diperjualbelikan, kualitas yang mereka dapat dari gathering dan kompetisi diaplikasikan disini. Disini ada sebuah produk komunitas yang memiliki nilai jual.

Expo merupakan kegiatan untuk merubah sebuah hobi menjadi sebuah profesi.


Contoh: seperti sepakbola...hobi itu diawali dengan kumpul bermain bersama (gathering), kemudian bertanding antar tim (kompetisi) kemudian ada pemain bola yang di gaji untuk bermain dalam sebuah klub berdasarkan bursa transfer (expo)...

Kalo cosplayer gimana? yah, visi kita jelas, COSPLAY, maka apapun aktifitasnya tetap gak jauh dari cosplay. Kegiatan itu bisa diterapkan dalam cosplay kok, selama kita memang niat untuk itu.


Cosplay GATHERING > Yang penting kumpul, berkostum atau tidak, tujuan nya bekumpul mencari teman sesama cosplayer dan mendapat banyak hal saat berkumpul. Tidak ada standar disini, semua bisa bergabung dan memiliki suara.


Cosplay COMPETITION > Yang penting patuhi peraturannya, karena inovasi dan kreatifitas muncul saat seseorang terbatasi, aktifitas ini memiliki standar, karena itu seluruh peserta setara secara tegas, hadiah ada karena cosplayer itu dianggap sudah melewati standar.


Cosplay EXPO > Berproduksi yang terbaik, keluarkan apa yang didapat, buat orang lain tertarik dengan karya kalian, buat sebuah nilai untuk karya kalian karena tujuan kalian adalah berjualan.


Langkah awal dari semua itu adalah, yah...MENCOBA, MENGENAL dan MENJADI BAGIAN dari komunitas...



Hidup Cosplay Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar