Minggu, 02 Maret 2014

Fenomena Bahasa Dalam Cosplay

Artikel ini di buat karena ternyata banyak sekali istilah yang muncul dan di gunakan dalam kehidupan kita, dalam dunia percosplayan Indonesia pun ada.

Beberapa orang menyangkal namun pada kenyataannya secara umum menerima istilah yang di gunakan tersebut.Masalah yang akan saya angkat adalah mengenai Akseptasi Bahasa dalam dunia cosplay di Indonesia.

Apa itu Akseptasi? 

akseptasi (ak.sep.ta.si) /akséptasi/ nomina (n)
  • penerimaan; pembenaran; (nomina)
  • penerimaan secara umum makna suatu kata atau pemahaman konsep makna suatu kata (atau konsep) yg umum diterima (nomina)
sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia 3

Tau istilah Busa Hati dunk? atau yang paling hangat Cosplay Original?

Itu merupakan proses Akseptasi, dimana kata tersebut diterima secara umum, sekalipun mungkin beberapa orang tidak setuju.
Fenomena ini juga berlaku pada kata "ciyus", "alay", dan kata-kata gaul lainnya.

Dalam sebuah komunitas dinamika ini pasti terjadi, karena komunitas sendiri cakupannya kecil dan pasti memiliki istilah sendiri2.

Seperti contoh: istilah "busa hati" di gunakan dalam komunitas cosplay di Indonesia menjadi lazim berbeda dengan istilah "spon" yang digunakan oleh komunitas pengrajin sepatu, tapi ada lagi istilah "eva foam" yang biasa di gunakan temen2 di singapura.

Jika ada sekelompok orang mepermasalahkan suatu istilah kemudian dia bertanya, bahwa bagaimana dan seperti apa, maka dia sendiri tidak bisa menerima dinamika dan perkembangan.

Satu hal yang ingin saya garis bawahi sebagai cosplayer yang memahami linguistik bahasa, bahwa bahasa itu tidak ada istilah benar atau salah, semua bahasa selama bisa di terima maknanya adalah benar termasuk jika kita menggunakan bahasa isyarat.Jadi apapun yang kita sampaikan selama itu diterima sebagai sesuatu makna yang wajar, tidak masalah...

*inilah bakal nyambung ke yang namanya DEFINISI (rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu KONSEP yg menjadi pokok pembicaraan atau studi, KBBI.pen), dimana DEFINISI itu tidak sama secara utuh didalam pikiran setiap orang, tapi pikiran pokok nya pasti sama*

Akhir kata, kawan2 cosplayer jangan takut untuk menciptakan istilah baru dalam cosplay demi mempermudah komunikasi dan perkembangan komunitas kita, atau pake istilah yang udah jelas dikenal tapi ada yang gak suka, tidak ada yang salah dalam penggunaan bahasa kok, selama itu tidak menyalahi norma yang ada...Toh maw gak maw, proses Akseptasi tadi akan terjadi...hehe

Artikel ini hanya informasi saja...jadi bebas ber definisi..hehe

Hidup Cosplay Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar