Minggu, 02 Maret 2014

COSPLAY DIMATA ORANG TUA

Artikel ini di buat karena saya dengar dari banyak temen2 cosplayer kalo mereka cosplay nya di tentang oleh orang tuanya, jadi ada yang melakukan itu sembunyi-sembunyi dan ada yang cuek aja, tanpa hiraukan pendapat orang tua. Sebagai salah satu yang mengalami hal itu, saya maw bikin artikel sebagai tips buat temen2 yang kurang mendapat dukungan dalam menjalani hobi cosplay ini.

1. Ngobrol dengan orang tua secara terbuka apa itu cosplay, seperti apa, dan semenarik apa. Memang orang tua kita pasti asing mendengarnya, beda dengan saat mereka mendengar kita menjalani hobi main musik atau melukis. Kasih tau kalo cosplay itu banyak hal yang bisa dipelajari, dari mulai seni rupa, design, editing foto, sound mixing, seni peran, fotografi sampe bisnis...hehe, jadikan cosplay ini sebagai topik obrolan ringan, bukan terkesan menggurui karena kita emang lebih tau..menceritakan kejadian wig kita lepas pas perform itu menarik kan?

2. Coba atur jadwal yang baik antara prioritas kita dan hobi kita, orang tua cenderung memandang bahwa kita terlalu fokus dengan cosplay sebagai hobi kita di bandingkan belajar. Sehingga mereka tidak mendukung kegiatan kita. Padahal, kita sebenarnya sudah bisa bagi waktu kan? Cara yang paling mudah adalah selalu menunjukkan bahwa kita prioritas kan belajar dibanding cosplay, sebuah buku catatan sekolah/kuliah di samping potongan busa hati lebih bermakna loh buat orang tua, orang tua akan berpikir bahwa kita tidak melupakan tugas utama kita, tapi jangan bohong yah..hehe, Sekolah/ Kuliah itu buat kita, bukan buat orang tua...yah kan?

3. Salah satu yang bikin menarik orang tua ke cosplay adalah bikin sesuatu (boleh kostum, boleh props, dll) di rumah, dimana prosesnya dilihat oleh orang tua kita. Pengalaman saya ini mah, orang tua tiba2 suka ikut nimbrung kasih kritik, kasih saran kalo kita lagi bikin sesuatu yang orang tua pikir itu adalah kreatif sifatnya. Jangan kaget kalo tiba2 orang tua bilang "gak bikin kostum lagi?" atau "kemaren bikin apa? serius banget.."

4. Ajak orang tua ke event cosplay, tunjukkan kalo cosplayer itu warna warni dan bervariasi. Apalagi jika kita ternyata perform atau ikut lomba, anggota keluarga biasanya dukung penuh karena di panggung itu kita jadi pusat perhatian. Jujur, orang tua itu bangga banget kalo anaknya jadi pusat perhatian, menang gak menang, bagus gak bagus, dukung terus, hehe... *pernah denger kan orang tua marah karena anaknya malu buat tampil ke depan*

5. Kenalkan orang tua pada seseorang yang lebih senior atau lebih dewasa di komunitas, sehingga orang tua kita tidak ragu dan tidak khawatir, karena mereka tau bahwa anaknya ada yang menjaga dan membimbing. Mereka pun akan lebih mudah berkomunikasi mengenai kegiatan kita.

6. Selalu menabung dan tidak banyak meminta kepada orang tua untuk keperluan cosplay. Sebagian orang tua yang mendukung, tentu gak masalah. Untuk yang tidak, bahkan uang jajan kita di potong, hehe. Jika kita bisa mandiri dan orang tua melihat kita lebih dewasa setelah cosplay, lambat laun orang tua akan mendukung kita kok.

7. Raih prestasi yang tinggi, karena kebanggaan orang tua adalah saat anaknya meraih prestasi yang tinggi, baik itu dalam belajar, hobi atau pekerjaan. Kalo udah bisa membanggakan, pasti lambat laun pasti dukung deh.

aaaah, 7 poin dulu aja yah, entar kalo ada lagi tinggal di tambahin, hehe...

Btw, pada dasarnya orang tua itu sayaaaaaaaaaaang banget sama anaknya, mereka melarang kita bukan berarti gak suka atau benci, tapi mereka ingin kita menjadi seseorang yang berguna bagi kita sendiri. Yang mampu hidup saat kita sudah tidak tinggal dengan orang tua. Tugas kita adalah mengontrol diri sendiri dan membuat orang tua kita percaya bahwa yang kita lakukan adalah benar, dan semua itu kunci nya berasal dari komunikasi.
*ini pandanganku sebagai guru alias orang tua*

Akhir kata sebagai motivasi, mendapat pekerjaan dari hobi itu tidak mustahil... Musisi, pemain bola, pelukis, sampai binaragawan itu berawal dari hobi dan kemudian menjadi profesional, semuanya diraih dengan usaha yang serius, kesabaran dan keikhlasan...dan ditambah dukungan keluarga tentunya..hehe

Semoga bermanfaat!

Hidup Cosplayer Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar