Kamis, 10 Mei 2012

Tips Bersosialisasi buat Cosplayer Baru

Oleh: Zhuge Kamiya, Blog Owner

(Only Bahasa Indonesia, will translate later..^^)

Berdasarkan pengalaman saya, buat temen-temen yang baru masuk dunia cosplay, ada beberapa cara yang cukup efektif bersosialisasi dalam komunitas cosplay. Cara-caranya ialah sebagai berikut:
1. Sering datang ke event. Dengan kalian sering datang ke event pasti kalian akan mudah dikenal karena sering ketemu. Disini juga kalian bisa dikenalkan dengan yang lain jika kebetulan teman kalian datang juga. Malah jika event tersebut merupakan gathering yang ada sesi perkenalannya, kalian tidak akan sulit untuk berkenalan.
2. Jangan malu berkenalan di event. Cobalah berkenalan dengan mereka dengan cara berkomunikasi yang baik, seperti memuji kostum yang mereka kenakan, suka cara cosplaynya cosplayer tersebut karena sama-sama suka karakternya juga atau sekedar minta foto terus sambil berkenalan dengan sopan. Jika bertemu di event berikutnya coba sapa lagi, jika mereka lupa wajar, orang baru sekali ketemu, ingetin aja, pasti kalian akan lebih akrab.
3. Aktif di internet. Makin sering kalian bersosialisasi di internet makin mudah kalian berkenalan di dunia nyata. Kalian bisa janjian satu proyek bareng atau sekedar ngumpul di event. Saya pribadi kenal beberapa orang teman asalnya dari komunikasi di FB loh. Jangan malu untuk ikut nimbrung di forum atau chat rame-rame. Jangan malu memberikan saran, komentar atau bahkan kritik.
4. Ikut kompetisi. Jika kita ikut kompetisi, hindari sifat rivalitas tidak sehat atau bahkan cuek antar peserta. Sekalipun peserta lain itu adalah kompetitor kita, jangan ragu untuk menyapa atau membantu mereka jika kita bisa bantu, anggaplah dia itu sahabat yang butuh pertolongan. Karena dari hal kecil ini persahabatan bisa dimulai. Ingatlah, sekalipun kita berkompetisi, bukan berarti kita bermusuhan.
Nah, kalo udah kenalan, mau itu sesama cosplayer baru atau cosplayer yang udah terjun lumayan lama, kita harus perhatiin hal-hal berikut:
1. Jaga penggunaan bahasa kita, jangan gunakan bahasa yang kasar atau tabu. Gunakan bahasa sesuai dengan situasi dan kondisi kita bergaul. Termasuk jika kita bercanda. Menggunakan bahasa Indonesia akan sangat dianjurkan.
2. Jaga sikap kita dan pahami juga sikap dan perilaku tiap cosplayer karena ada cosplayer yang nyantai, ada juga cosplayer yang ambisius, dan ada juga cosplayer yang cuek. Semakin kita bisa paham, semakin kita bisa dapet sahabat yang banyak dan mengerti bagaimana kita sebaiknya bergaul.
3. Jangan menilai seseorang alias kalo liat ada orang cosplaynya gak pantas atau jelek menurut kamu, jangan menilai itu jelek, karena bisa jadi kamu belum paham dan kompeten atau kamu tidak tahu kalo dia itu malah cosplayer yang udah lama terjun di dunia cosplay. Berpikirlah bahwa cosplay itu hak setiap orang dan cosplay itu tidak dibatasi oleh sebuah nilai. Cobalah saling menghargai kreatifitas siapapun. Namun hal tersebut akan menjadi sebuah kewajiban jika kamu memang sedang menjadi juri kompetisi.
4. Jangan lupa untuk saling menyapa, bersalaman dan saling bertanya kabar. Karena dasar dari cosplay adalah kesamaan minat, hobi dan visi. Kalian bisa ngobrol apapun bersama rekan sesama cosplayer dari mulai anime,yaoi ampe politik atau cinta.
5. Berpikiran positif dan mencoba tenang dalam bergaul. Yang namanya sosialisasi bermasyarakat baik itu umum atau komunitas, pasti ada hal yang bikin kita emosi, maka cobalah kita pandang dari berbagai sudut. Mengalah kan bukan berarti kalah.
6. Menjaga nama baik pribadi dan komunitas saat sedang bersosialisasi. Saya kira temen-tamen tahu maksud saya diatas, intinya jangan mempermalukan diri sendiri dan komunitas. Terutama dimata umum.
7. Jadikanlah dan ingatlah semua cosplayer itu saudara. Pikirkan bahwa kita memiliki visi dan hobi yang sama dengan yang lain yaitu cosplay, maka dengan begitu kita tidak akan ragu untuk saling membantu dan mengingatkan.

Itu tips buat para cosplayer yang baru mengenal cosplay atau calon cosplayer yang maw masuk dunia cosplay. Mungkin rekan2 yang laen mau nambahin, monggo...free for all, heheheheeh

Hidup Cosplay Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar